Kamis, 16 April 2009

Laporan Keuangan Quarter 1 th 2009

Salam Optimis!!!,

Bagi yang sudah nyontreng…barsyukurlah, karena anda sudah bisa menentukan pilihan anda,

Bagi yang kemarin gak terdaftar di DPT, masih ada kesempatan di PilPress JuLi nanti..Buruan daftar ya…

Siapapun yang menang nanti..tetep berharap kondisi aman aman saja dan tanpa ada gangguan keamanan.

So mari kita tinggalkan dulu PilLeg miinggu lalu, dan kita sedikit sharing kejadian ekonomi apa di minggu ini.Ada foto yang sempet aku ambil di TPS 16 dan 17, dekat mesjid Al Muhajirrin, Kancil, Cikarang Baru, Jababeka, tanggal 9 April 2009. Tampak pa khairul.



Minggu ini adalah minggu yang bisa dikatakan,minggu pengechekan & konfirmasi kondisi ekonomi global (Baca: US),Kenapa saya bisa mengatakan begitu????

Yah..akan ada beberapa pengumuman penting terkait dengan indicator perekonomian yang selama ini sudah berusaha ditanggulangi dengan berbagai macam jurus,

Mulai dari bailout, stimulus, proteksionisme atau apapun namanya, yang jelas mereka disana pengin sembuh dari krisis ini.

Punggawa punggawa US berusaha untuk membuat perekonomian diseberang sana bisa berjalan normal,

Dan bisa berjalan keluar dari krisis global yang sudah mereka alami sejak tahun 2007. Meskipun bom baru meletus bulan September 2008, disaat Lehman Brothers Bangkrut. ( Semoga gak ada lagi ya J ngarep.com )

Ok…mari kita coba prediksi pengumuman penting apa yang akan keluar di minggu ini,yang bisa kita jadikan indicator, bahwa perekonomian di US udah mulai pulih, ataukah obat yang selama ini di injeksikan ke system perekonomian mereka ternyata seperti menggarami air laut,

Kita ingat disaat tanggal 10 Maret 2009, Citibank melalui sang CEO Vikram Pandit mengatakan kalau mereka pada bulan Januari-Februari 2009, sudah mengalami profit operational, yang akhirnya memunculkan optimisme, dan membuat bursa amirika Rally, naik hampir 25% dari kondisi terendah tahun ini. Tapi ada pertanyaan di benak saya?

Apakah ini bener bener perekonomian sudah berada di bawah dan mulai bergerak naik??Ataukah Cuma “BULL Trap”,( Kenaikan ekonomi yang sementara, dan kemudian terperosok lebih dalam lagi).

Kabar kedua juga mucul di hari Kamis kemarin, WELL Fargo , bank terbesar ke empat di USA,mengumumkan kalau mereka selama QTR-1 2009, diperkirakan mengalami laba bersih sekitar US$ 3M,

Yang membuat hari kamis kemarin indexs harga saham Amirika naik hampir 4%.

Minggu ini, kejadian penting apa yang bisa kita jadikan referensi kondisi pemulihan ekonomi global. Kalau menurut saya, memang bakalan ada kejadian penting, yaitu keluarnya laporan keuangan perusahaan besar yang ada di US sana yang berhubungan dengan kemampuan konsumsi masyarakat US.

Seperti kita ketahui, kalau tahun 2008, banyak perusahaan yang merugi karena efek krisis Global ini, itu bisa kita baca di laporan keuangan mereka yang keluar di bulan maret 2009 kemarin.

Dan kita juga tahu kalau mulai akhir 2008, sudah banyak cara yang ditempuh untuk memulihkan kondisi perekonomian, jadi laporan keuangan Quarter 1 / 2009 ini sangat lah penting, Karena bisa kita jadikan indicator keberhasilan program program yang diluncurkan tepat sasaran dan mujarab.

Tanggal 14 April 2009,

Akan ada laporan keuangan QTR 1/2009 dari perusahaan :

1. Intel Corp 2. Johnson & Johnson 3. CSX Corp.

Intel corporation : Kenapa laporan keuangannya menjadi penting?

Kita tahu kalau intel ,perusahaan yang memproduksi otak computer,kalau penjualan dia naik dan lebih baik dari lapkeu QTR3/2008, berarti demand dari consumen dan bisnis sudah mulai kuat,baik itu untuk PC ataupun Laptop ataupun server. Setuju gak??

Johnson & Johnson

Hayo…keluarga yang sudah punya anak, siapa yang gak kenal Johnson & Johnson??Saya rasa hampir 80% penduduk dunia kenal dengan perusahaan ini.Nah..kalau lapkeu dia baik di QTR1/2009 ini, berarti spending orang untuk health care product semakin bagus, dan demandnya semakin kuat juga.

CSX Corp

Nah…kalau yang ini saya yakin, tidak semua kita kenal kan??perusahaan apa ini…silahkan cari di eyang Google…ini adalah perusahaan transporter yang mendeliverykan mobil, kebutuhan barang pokok, spare parts ataupun oli, dll. Nah …kalau earning dia di QTR 1 ini naik..artinya kan roda ekonomi sudah mulai berputar, orang sudah mulai berkonsumsi.

Tanggal 16 April 2009,

Akan ada laporan keuangan QTR 1/2009 dari perusahaan : Sherwin-Williams Co.

Wah…kalau yang ini kayaknya makin banyak yang gak kenal ya??Let’s go guys…Kita Karyawan Global lho…please improve our Global knowledge.Tapi aku juga baru tahu setelah nanya ke eyang Google koq, untungnya kemarin liburnya lumayan panjang, jadi nambah deh pengetahuan. Yah…Sherwin-Williams Co, adalah perusahaan cat & wall paper, so..bisa kan dikaitkan ke Krisis Subprime Mortgage, kalau dia perushaan yang bergerak di bidang Paint & Wall paper, selama krisis ini pasti penjualannya juga turun, lha kalau QTR1 ini dia mengalami penjualan naik, berarti di Amrik sana, sudah mulai bergerak tuh propertynya…yang sempat drop.Nah..kalau property udah mulai naik,maka serombongan sector dibelakangnya juga pasti ikut naik..yang perushaan genteng,batubata heheh ada gak ya di US sana?? Atau perushaan semen, rangka baja, kaca…kusen wah akeh tenan lah konco konconya…so bisa disimpulkan sendiri kan???

Di penghujung minggu ini, lebih mantap lagi…Tanggal 17 April 2009,

Akan ada laporan keuangan QTR 1/2009 dari perusahaan : Citibank Group & General Electric Co.

Hayo..kalau gak kenal 2 perusahaan ini,kayaknya kita mesti malu menyebut diri kita Karyawan Global… J…moga moga pada kenal ya.Menurut saya, 2 perusahaan ini , akan menjadi bintang di akhir minggu ini, dan akan menjadi indicator penting arah perekonomian Global. Tahukan ya..kalau pemerintah US begitu ngototnya membailout Citibank..yeah..dia TOO BIG TOO FAIL…kalau Citigroup bankrupt…berapa juta penduduk dunia yang akan manyun…hehehe…Yah..citibank yang sekarang mungkin udah menjadi Bank BUMN ya..karena kebanyakan di bailout, adalah bank terbesar di US sono, yang bergerak di KPR, commercial Kredit, dan KREDIT CARD…so…kalau dia udah mulai untung, berarti obat obatan yang diluncurkan sudah mulai menampakkan hasil.

Nah..kalau GE…kenalnya masak cuma perusahaan kartu kredit sih J,moga moga enggak ya…, di ina sih emang mungkin banyak lebih kenal karena Kartu Kreditnya, terutama yang memebrikan Cash Back 1.5% kalau kita belanja di supermarket manapun hehe..salah satunya di TIP TOP deket ma my Sweet home…tapi ternyata GE itu merupakan perusahaaan penting lho,

Ternyata turbin untuk pembangkit listrik itu,juga dia bikin, trus high tech medical mesin juga dia bikin, mesin jet juga dia bikin. Peralatan rumah tangga, GE stainless steel, peralatan electronic yang berhubungan dengan dapur.TRus lampu…lha kan yang ngediriin GE kan Kangmas Thomas AlvaEdison, ya tentu dia pasti jualan Lampu. Nah kalau yang Financial sector itu, dipegang oleh GE Capital, kalau gak salah yang ngeluncurin kartu kredit di Indonesia juga.

So, kalau GE & Citibank sudah bisa untung di QTR 1/2009, Insya Allah saya yakin,kalau perekonomian Global sudah mulai mo menuju stabil, sebelum akhirnya NAIK.

Maaf banget kalau hasil tulisan setelah nyontreng di hari kamis kemarin ini kurang bermanfaat, tapi saya tetep berharap, kita semua sebagai salah satu Karywan Global, bisa mendalami dan merenungi posisi kita sebenarnya ada di bagian mana di perekonomian Global ini, dan semoga kita semua bisa semakin optimis dengan masa depan kita dan masa depan perusahaan tempat kita beribadah ini.

Ada 2 pesan dari The Great Jung Fu Master, Bruce Lee, yang saya baca dan saya coba renungi, semoga ada yang bisa menerjemahkan makna dan artinya yang lebih mendalam lagi.:

1. Forget about pride or pain, forget about winning or losing. Just think of mastering the spirit.

2. Knowing, knowledge is nothing – APPLIED knowledge is everything…



Mohon pamit … semoga Kita bisa semakin Sukses, dan semakin optimis …

2 komentar:

  1. sepertinya trimester I 2009 ini memang mampu memulihkan sektor keuangan. tapi, sektor real masih kelimpungan terus kayakanya pak hingga akhir tahun. begitu kata tim citybank saat presentasi awal tahun kemarin. hehehe, saya cuma dapet slide nya dari boss :)

    BalasHapus
  2. Bisa ada contohnya pa? Sektor real yang kelimpungan tadi?

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini